Thursday, March 06, 2008

Perusahaan Low Profile

Tahun ini, perusahaan tempat saya bekerja merayakan 40 tahun keberadaannya di Indonesia. Dalam 'gambar tema' seperti yang terlihat berikut ini, tulisan "40 years of journey with strong and continuous commitment" tampak menghiasi.

Sayangnya, paling tidak yang saya rasakan, kurun waktu empat dasawarsa dan triliunan rupiah ke kas negara tiap tahunnya tidak membuat perusahaan ini cukup dikenal. Saya merasa ia memang kurang berusaha menampilkan dan memperkenalkan eksistensinya di tanah air.


Terlalu low profile? Mungkin. Bahkan beberapa tahun setelah logo-logo Shell dan Petronas meramaikan Jakarta dan sekitarnya, baru di tahun 2008 perusahaan ini akan turut menampakkan diri di tengah pandangan mata masyarakat lewat SPBU-nya.

Setahunan yang lalu, saat ExxonMobil sudah lebih dulu menampilkan iklan branding-nya (itu lho, yang di antaranya menonjolkan bahwa mereka terdiri atas 95% putra terbaik bangsa), saya berpikir bahwa perusahaan yang menggaji saya memang tertinggal dari segi promosi.

Kurang dikenal dan kurang akrab di tengah khalayak - perkecualian untuk Balikpapan, kota yang memang 'rumahnya'. Itu yang saya alami sendiri saat berusaha menjelaskan bidang usaha perusahaan ini ke teman, saudara atau tetangga yang menanyakan.

Sering sekali, kalau tidak hampir semua yang bertanya, menyangka saya bekerja di perusahaan yang bergerak di konstruksi sipil (inilah resiko nama 'pasaran'). Ah, mungkin tulisan di gambar itu perlu ditambahi sedikit: "40 years of journey with strong and continuous commitment but obscure reputation"...

3 comments:

Anonymous said...

Bener banget Bon.. Jarang ada orang yang tahu peusahaan ini.. hehehhe. Btw, gw jadiin link ya.

war_love_earth said...

Saat dalam kesendirianku di tepi terentang lama dan dalam sepi serta sepoi angin membingkai alam di ujung disposal tube aku menikmati debur ombak sore itu ....teringat Pak Bondan yang selalu menjawab punch list kami :-)

Anonymous said...

masa sih? ada yg belum pernah dengar TOTAL??
btw,utk bikin logo 40 th itu, mbabat brp kubik mangrove ya? hehe