Monday, March 10, 2008

Menikmati Menulis

Seusai mengirim posting kali ini, saya akan mengganti (lagi) judul blog saya. 'Menikmati menulis' agaknya cocok untuk diangkat sebagai nyawa blog ini.

Saat pertama kali memulai blog ini awal tahun 2005 lalu, motivasi saya adalah (dan sampai saat ini, selalu) untuk menikmati proses menulis itu sendiri. Untuk menjaga kebisaan saya yang tidak seberapa ini dari ketumpulan dan terutama kepunahan. Untuk mencatat pemikiran dan kisah-kisah agar bisa saya nikmati dan tertawakan ketika saya membacanya kembali di masa yang akan datang.

Menurut saya, adanya komentar pembaca - adanya pembaca, malah - adalah bonus. Efek samping. Jika seseorang merasa tulisan saya bermanfaat, menginspirasi atau menghibur, I'll be very happy. Jika tidak? Sejatinya, proses menulis: meracik kata, memilih gambar ilustrasi, menyunting, lalu membaca ulang, sampai mengklik tombol 'publish post', kemudian membaca ulang (lagi), menyunting ulang dan seterusnya, bagi saya, adalah inti kenikmatannya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda menikmati kegiatan menulis Anda?

No comments: