Monday, March 24, 2008

Gak Gaul

"Ayah nggak tau lagu band Pilot itu kan? Gak gaul ah, payah," sembur istri dan adik sepupuku. Mereka meledekku karena I had no idea lagu apa yang baru saja mereka dendangkan.

Hahaha, tak bisa dipungkiri, kalau memang tingkat kegaulan diukur dari pengetahuan lagu-lagu dan penyanyi/band terkini, jelas aku sama sekali nggak gaul. Jangankan yang terkini, yang tahun lalu aja masih ketinggalan. Andai 'Sing A song' mengaudisiku untuk menjadi pesertanya, aku pasti akan langsung gugur di soal pertama :-)

Gambar diambil dari suarapembaruan.comTerlepas dari 'gaul' apa tidak, aku merasa ada hal lain yang membuat semakin sulit mengikuti lajunya kereta musik tanah air: menjamurnya band dan penyanyi baru dengan, otomatis, lagu-lagu barunya yang bermunculan setiap hari. Pertanda bagus dong bagi kancah musik kita? Emmm, bisa iya, bisa tidak. Tidaknya kenapa?

Begini. Dalam percakapan tadi, istriku juga menyodorkan beberapa majalah yang berisi lirik-lirik lagu paling mutakhir dari berbagai musisi dalam negeri. Hampir semuanya aku 'merasa' belum pernah dengar. Setelah mereka menyanyikan bagian chorus dari beberapa lagu, aku baru manggut-manggut karena ada di antaranya yang sempat singgah di memoriku (karena klip promo mereka cukup sering mengganggu acara nonton TV). Ya, hanya 'sempat singgah'. Ini kata-kata kuncinya.

Dengan segala hormat bagi para musisi pendatang baru, aku kok merasa kalian tidak bisa memberikan kesan mendalam. Mengapa hanya singgah sesaat? Kok rasanya lagu-lagu (komplit: judul, tema, lirik), jenis musik, aransemen, warna vokal bahkan hingga penampilan (dan gilanya: wajah-wajah) kalian mirip-miriiiip semuanya.

Kuantitas kalian yang meledak tidak diimbangi dengan kualitas yang prima. Tidak ada ciri khas yang menonjol. Standar: temanya cinta ala ABG atau selingkuh, diiringi musik pop-rock ringan yang minim eksplorasi. Belum lagi nama-nama grup band kalian. Ada yang menerbangkan pesawat terbang, ada maskapainya, ada yang mirip merek snack kentang, sedangkan yang lain memakai kata-kata dalam Bahasa Inggris yang, maaf, agak norak.

Kreativitas musik kalian belum layak dibanggakan. Mirip nama-nama band kalian, yang kemungkinan besar akan segera tenggelam sebelum album kedua - kalau ada.

Hmmm, atau jangan-jangan akunya saja yang memang gak gaul.

3 comments:

Anonymous said...

Aku juga ngga tau band Pilot. Brarti kita sama ngga gaulnya :D. Tapi bener tuh, lagu2 baru sekarang kayak-e mirip2 semua, ngga ada yang punya ciri khas tertentu.

Anonymous said...

Bon.., kalo gue kayaknya satu tingkat di atas lu.. tapi tetep aja gue nggak bisa ngebedain yang mana lagunya band yang mana.. hahahaha..

Sama semua sih.

Kecuali peterpan atau padi atau dewa, at least gue masih bisa tau siapa yang nyanyi katrena suara vokalisnya khas.

Anonymous said...

oOo.. bEgItUuuu... yA yA yA :)