Friday, April 11, 2008

Etiskah?

Beberapa jam yang lalu saya mendapat balasan imel dari seorang rekan di kantor. Bukan cuma saya, namun ada beberapa orang lain yang di-cc. Lalu lintas imel ini terjadi di dalam jaringan imel kantor dan berisi murni tentang pekerjaan.

Namun ada yang saya rasa kurang sedap dipandang di imel itu saat saya hampir selesai membacanya. Ada apa itu di bagian signature-nya?


Di baris paling bawah official signature beliau terpampang dengan bangga sebuah link internet. Dari nama website-nya, jelas situs itu berhubungan dengan investasi yang berbasis MLM, arisan berantai atau semacamnya (saya nggak yakin kalau sebutan 'investasi' sendiri tepat).

Benar, saat akhirnya saya tak mampu menahan godaan untuk mengkliknya, layar laptop saya segera menyajikan sebuah halaman yang intinya berisi iming-iming agar pembaca menyetor uang untuk kemudian mendapat uang lebih banyak sesuai 'level' si penyetor. Standarlah. Dan tentu saja, di halaman itu tertera nama rekan kantor saya tadi. Mungkin sebagai upline atau referal atau sejenisnya.

Menurut saya ini tidak pada tempatnya. Mungkin bisa dikategorikan spamming halus. Menjadi tidak tepat karena menggunakan sarana komunikasi perusahaan, apalagi dalam topik yang bersifat resmi dan profesional. Penyalahgunaan ini mirip-mirip dengan yang saya lakukan sekarang: ngeblog dengan komputer, bandwith dan waktu kantor, wakakaka...

Saya jadi berpikir, apa beliau ini men-default-kan signature-nya seperti itu tak peduli ke siapa ataukah hanya untuk orang-0rang tertentu saja (kebetulan saya baru pertama kali ini berkirim imel dengan beliau)? Hihihi, jadi ingat ketika saya sendiri pernah hampir menambahkan link ke blog ini di signature imel kantor lama...

1 comment:

faridnos said...

Wah kalau gitu gak etis dong yah.... Terima kasih Pak!!!