Monday, January 21, 2008

Solat Ajaib (3)

Kategori ajaib yang ketiga jatuh kepada para penggemar invasi.

Cirinya? Yang paling khas adalah sesaat sebelum sujud. Pas mau menurunkan badan dari i'tidal ke sujud, mereka akan memundurkan dulu kakinya, masuk ke area sujud saf di belakangnya. Ada yang sedikit, tapi ada juga yang senang menjajah sampai 20 cm bahkan lebih.

Di tempat solat yang jarak antargaris saf-nya pas-pasan, jelas ini akan membuat orang di belakang mereka sangat menderita. Bagaimana tidak, ia terpaksa melengkungkan punggungnya dengan sudut yang akut supaya tempat yang tersisa cukup untuknya bersujud. Masih ditambah satu bonus: kalau kalah dulu bangkit dari sujud, kepalanya akan terinjak the invader yang hendak berdiri - atau minimal rambutnya yang terinjak kalau tidak memakai tutup kepala.

Ada juga jenis invader yang menyamping. Rakaat demi rakaat dia senang memperlebar jarak kakinya - kadang dia menggabungkan kebiasaannya dengan keajaiban lain, yakni menginjak. Jenis invader ini tidak peduli apakah sesama makmum di sebelahnya akan tergencet saat sujud atau tidak, sama seperti ketidakpedulian invader yang saya sebutkan di atas akan kesusahan jamaah di belakangnya.

Bila kita menemui para invader ini saat solat berjamaah, hendaknya kita bersabar dan jangan malah ikut-ikutan :-)

No comments: